19 January 2022

PROKOMPIM

Protokol Komunikasi Pimpinan

Bupati Optimis, Seluruh Pedagang Bisa Masuk Kedalam Pasar

2 min read

Pemkab wonosobo optimis seluruh pedagang bisa tertampung di dalam pasar induk wonosobo, hanya saja dibutuhkan kesadaran bersama dan penataan pasar yang lebih baik lagi.

“Pedagang sudah banyak yang minta pasar segera dibuka itu kita dengar secara langsung, namun khan butuh pengaturan , saya optimis semua bisa masuk yang penting penataannya baik,” ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat usai melakukan monitoring bersama di pasar induk wonosobo, kemarin sore.

Pantauan pasar induk wonosobo baik sisi barat maupun timur dilakukan bersama dengan wabup, sekda, tim asistensi bupati, Disperindagkop UMKM, prokompim setda wonosobo  serta perwakilan pedagang pasar induk.

Menurutnya, pasar induk wonosobo harus didorong menjadi pusat ekonomi masyarakat. Sehingga pola pengaturan harus lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu dibutuhkan kesadaran dan perspektif yang sama dari  semua pihak.

“Kita butuh dukungan dari semua stakeholder, utamanya pedagang pasar mereka yang akan gunakan itu,” katanya.

Berkaitan dengan pedagang selasar pasar induk dirinya mengaku sedang merumuskan langkah yang tepat agar tidak merugikan salah satu pihak. Pasalnya sebagian besar mereka merupakan pedagang pasar induk yang ada di dalam kemudian pindah keluar atau sewa ke lokasi yang saat ini mereka gunakan untuk berdagang

“Soal pedagang selasar pasar ya kita cari solusinya, yang terbaik seperti apa nanti, jika dilakukan pemindahan harus melihat berbagai aspek, utama masalah akses dan juga tingkat keramaian. ,” terangnya.

Afif menambahkan dari monitoring terhadap ruangan yang ada di pasar induk sisi barat maupun sisi timur, dirinya melihat banyak ruang yang belum sesuai dengan keinginan pedagang dan juga banyak ruang kosong yang tidak terpakai.

“ Banyak ruang ruang kosong di pasar induk sisi timur, itu harus dimaksimalkan,” pintanya

Sementara itu, Wabup Wonosobo Gus Albar melihat kekurangan 400 an kios dan los yang ada di pasar induk wonosobo bisa diatasi dengan memaksimalkan pasar sisi timur. Sebab banyak ruang kosong.

“Saya melihat los dan kios sisi timur mangkrak tidak digunakan, ini saya kira bisa jadi solusi,” katanya.

Hanya saja jika kondisinya seperti saat ini, sepi, kumuh dan susah akses maka dipastikan pedagang tidak akan mau berjualan di lokasi tersebut, sehingga  dinas terkait perlu mencari cara dan supaya sisi timur bisa bisa bergeliat dan diminati oleh pedagang.

“Akan kita lakukan kajian agar pasar bisa lebih ramai sehingga diminati pihak pedagang dan pembeli, kita optimis itu bisa dilakukan,” katanya.

Sedangkan Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo mengaku bahwa regulasi terkait pasar induk wonosobo sudah selesai hanya tinggal memperhalus kata. Diharapkan aturan tersebut akan mengatur secara detail agar memperkecil ruang pelanggaran

“Regulasi sudah ada, tinggal diperhalus nanti akan kita gelar publik hearing,” ujarnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.